Peristiwa

IWO Way Kanan Lampung Galang Dana Kemanusiaan Untuk Palu-Donggala

Lampung – Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Way Kanan bersama kelompok kerja Wartawan (Pokjawan) Way Kanan, Propinsi Lampung menyerahkan hasil donasi bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Ketua IWO Way Kanan Fito Aliestiady mengatakan bantuan ini bisa bermanfaat bagi saudara yang terkena musibah bencana ini dan bermanfaat untuk meringankan beban ditengah kondisi yang terjadi di Sulawesi tengah tepatnya Di kota palu dan Donggala.

“Terimakasih kepada seluruh rekan-rekan wartawan yang telah rela meluangkan waktunya berjibaku mengumpulkan dana ini,” ucap Fito dalam keterangannya kepada IWO, Way Kanan, Lampung, Kamis (4/10/2018)

Dia berharap bisa membantu kebutuhan para pengungsi, yang hingga kini masih terjebak dipuing-puing sisa reruntuhan bangunan akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Sedangkan Ketua Pokjawan Dedy Tarnando selaku koordinator aksi pengalangan dana kemanusiaan itu menambahkan para jurnalisdi Way Kanan, menyerahkan hasil donasi bantuan uang senilai Rp13.102.000, yang dikumpulkan dari masyarakat Way Kanan selama tiga hari terkahir ini

“Alhamdullilah, total Dana yang terkumpul dari posko Peduli Gempa dan tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah yang kami buka dari Senin 1 Oktober 2018 s/d Rabu 3 Oktober 2018 sebesar Rp. 13.102.000,” ujar Dedy.

Dedy, menambahkan hasil pengalangan dana ini telah disalurkan melalui Rekening Pengurus Pusat IWO melalui Bank Lampung di kompleks perkantoran pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung,sekitar pukul 13.00 WIB siang hari ini.

Kini hasil kegiatan penggalangan yang dilakukan para wartawan yang tergabung dalam organisasi IWO dan Pokjawan resmi di tutup. IWO dan Pokjawan berdoa kepada korban yang terkena bencana segera dipulihkan psikologinya, sehingga semangat aktivitas kembali normal. Kepada korban yang telah meninggal pihaknya berdoa agar diberi tempat di Sisi Tuhan Yang Maha Esa, bagi keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan.

Terpisah Ketua Umum IWO Jodhi Yudono menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kawan-kawan IWO Way Kanan yang sudah melakukan penggalangan dana.

“Uang sejumlah Rp.13.102.000 atau terbilang tigabelas juta seratus dua ribu rupiah itu, segera akan didistribusikan ke posko-posko kemanusian IWO di wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan,” ujar Jodhi.

Dia pun menghimbau kawan-kawan IWO di seluruh Indonesia untuk terus melakukan penggalangan dana, selanjutnya dikumpulkan di kas IWO Pusat melalui rekening BCA 3450269718 atas nama Bendahara Umum IWO Dwi Christianto.

Selain gelar aksi bantuan kemanusiaan di IWO Way Kanan, pengurus IWO beberapa daerah pun mengelar aksi serupa dengan membuka posko bantuan kemanusiaan IWO diantaranya IWO Manado, IWO Sulsel, dan pengurus IWO lainnya.

Kini warga Palu-Donggala selain bertahan di pengungsian di wilayah tersebut, para korban yang selamat pun berbondong-bondong mengungsi ke Propinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan. Di Makasar sekitar ribuan orang sudah mengungsi dan ditampung di gedung yang disediakan pemerintah setempat. Kini kondisi yang mendesak bagi pengungsi yakni pakaian layak pakai, obat-obatan, selimut, susu, dan keperluan wanita dan kebutuhan lainnya.

Sekedar diketahui, Gempa dan tsunami yang melanda Sulteng menarik perhatian Dunia Internasional, selain menelan korban hingga ribuan jiwa, bencana tersebut juga mengakibatkan hancurnya infrastruktur dan terhentinya laju perekonomian di tiga wilayah yakni kota Palu, Donggala dan Sigi.(iwo/red)

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top