KEPRI

Ini Permasalahan Sebelum Aksi Pembakaran Alat Berat Milik PT KJJ

Kapolda Kepri Irjen Pol Sambudi Gusdian menyampaikan keterangan pers di Mapolresta Barelang, Jumat(30/6)/Foto : Ika Ratna

BATAM – Kapolda Kepri Irjen Pol Sambudi Gusdian menjelaskan permasalahan sebelum aksi pembakaran puluhan alat berat milik PT Kartika Jemaja Jaya(KJJ) oleh sekelompok massa di Pantai Telapan, Desa Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Anambas, Kamis(29/6).

Kapolda mengatakan masyarakat Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur dari awal sudah menolak kehadiran PT KJJ yang membuka perkebunan karet.

“Masyarakat berpendapat bahwa tujuan PT KJJ untuk mengambil kayu di lokasi hutan yang menjadi hak pengelolaannya. Hal ini menyebabkan berkurangnya sumber mata air kecamatan Jemaja,” ujar Kapolda kepada wartawan di Mapolresta Barelang, Jumat(30/6).

Kata Kapolda, aksi pembakaran alat berat oleh sekelompok massa dipicu dari datangnya alat berat milik PT.KJJ dari Tanjungpinang ke Telapan, Desa Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timut tanggal 19 Juni 2017.

“Masyarakat Jemaja dan Jemaja Timur menolak kedatangan alat berat tersebut dengan melakukan beberapa kali pertemuan dengan pihak PT KJJ yang dihadiri oleh Camat dan Kapolsek,” jelasnya.

Dikatakan Kapolda, pada pertemuan tersebut masyarakat dengan tegas mengambil sikap menolak kegiatan operasional dan alat berat milik PT KJJ di wilayah Kecamatan Jemaja.

Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2017, dilakukan pertemuan antara masyarakat dan pihak PT KJJ di kantor Camat. Masyarakat meminta agar pihak PT KJJ selama waktu 6 hari agar mengeluarkan seluruh alat berat dari Kecamatan Jemaja, dan keputusan tersebut disetujui oleh pihak PT KJJ.

“Namun pada waktu yang ditetapkan, pihak PT KJJ tidak ada memindahkan alat beratnya dan tidak ada pengurus/staf PT KJJ di Jemaja sesuai deadline, sehingga masyarakat merasa kecewa dan mengamuk sehingga melakukan pembakaran alat berat,” kata Kapolda.

 

 

Penulis : Ika Ratna

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top