Peristiwa

Hoax Yang Beredar Terkait Kecelakaan Lion Air JT-610

Jakarta – Kementerin Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) merilis sejumlah hoax yang beredar di internet terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT-610.

Dalam berita rilis yang diterima batamsatu.com, Kamis (1/11/2018) melalui Humas Kemkominfo, ada dua informasi bohong atau hoax terkait kecelakaan tersebut.

Pertama, tersebar video yang berisi transkrip rekaman pilot dan co-pilot dengan judul KASIHAN…!!! Transkrip Rekaman Pilot dan Co-Pilot ”Black Box” Detik-detik Kecelakaan Pesawat yang diduga milik pesawat Lion Air JT- 610.

Gambar info hoax kecelakaan Lion Air JT-610 yang beredar di internet./Dok. Foto. Batamsatu. com

Kemkominfo menginformasikan bahwa, video tersebut sama sekali tidak terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta Pangkal Pinang pada tanggal 29 oktober 2018.

Pasalnya video tersebut merupakan rekaman Black Box Pesawat Air Asia QZ 8501 pada tanggal 9 Januari 2015.

“Konten tersebut bila di lihat dari youtube langsung tidak bisa dikatakan hoax karena tidak ada disinformasi dan tidak ada unsur menyesatkan. Nmun apabila di share ulang ke sosmed dengan deskripsi atau di hubungkan dengan kejadian kecelakaan Pesawat JT-610 baru akan menjadi konten hoax,” terang Ferdinandus Setu
Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI melalui rilisnya.

Informasi hoax yang kedua adalah rekaman blackbox saat jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Dalam penjelasan Kemkominfo, rekaman tersebut sama sekali tidak terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta Pangkal Pinang pada tanggal 29 Oktober 2018.

“Rekaman Black box yang benar adalah rekaman dari black box pesawat Adam air Flight 574 rute penerbangan Surabaya-Manado bukan rekaman Black box lion air JT-610,” tutup Ferdinandus Setu.

 

 

Penulis: Abidin

Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + eight =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top