BATAM

H+4 TKI Non Prosedural Kembali Masuk Malaysia

BATAM – Tiga Hari usai Lebaran atau H+4 ratusan TKI Non Prosedural kembali berangkat melalui Pelahuhan Fery Internasional Batam Centre menuju Malaysia untuk bekerja.

Pantauan lapangan, para pahlawan devisa ini , terlihat berkelompok berjejer rapi menunggu tiket dan pasport dipegang masing-masing tekong.

Perkelompok terdiri 6 -10 orang, berkumpul di mega Mall, jembatan penyeberangan Mall dan pelantaran parkir dan kantin pelabuhan. Seluruhnya diokomodir tekong sekaligus sebagai calo disana.

“Kami tidak pulang kampung mas, hanya pasing sambil Lebaran di Batam dan hari ini kembali ke Malaysia.”Kata Surti asal Aceh di Batam Centre. Minggu(10/07/2016).

Hal yang sama juga diungkapkan Harun(26) yang sudah 3 tahun bekerja serabutan di Malaysia. Kata Dia, untuk kembali berangkat ke seberang dirinya harus mengeluarkan 130 ringgit dan itu belum termasuk tiket.

“Para calo maupun tekong sudah tau kami berangkat bermodalkan pasport wisata dan harus melalui mereka,”Ujatnya.

Selain itu, Imbuhnya, sulit berangkat sendiri , nanti bakal dipulangkan saat tiba disetulang laut. Pasalnya sudah terkoordinir, maka dari pada pusing melalui jaringan tekong maupun calo saja.

“Yang penting aman dan bisa masuk bekerja ke Malaysia,” Jelasnya.

Sementara itu, para calo maupun tekong TKI non prosedural di pelabuhan ini, modusnya berbagai cara , dimana sebelum berangkat para TKI ini berkumpul berkelompok di mega Mall .

Sehingga terlihat seperti pengunjung Mall untuk mengelabui aparat dan awak media dan setelah jam keberangkatan Fery barulah mereka masuk melalui gate lantai dua Pelahuhan.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 10 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top