KEPRI

Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut di Natuna dan Anambas Hati-hati

ilustrasi/foto : Ist

BATAM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam mengimbau agar pengguna transportasi laut khususnya yang akan menuju daerah Anambas dan Natuna agar terus berhati-hati gelombang yang sangat tinggi selama bulan Desember hingga Februari 2018.

“Wilayah Kepri sedang berada di puncak angin utara jadi gelombang masih cukup tingga dan berpotensi membahayakan pengguna transportasi laut,” Prakirawan BMKG Batam Nizam, Sabtu (23/12/2107).

Kata dia, gelombang laut di natuna saat ini mencapai empat meter dan berpotensi lebih besar lagi. Sedangkan perkiraan gelombang air laut di perairan batam sendiri cukup aman yakni antara 0,1 meter sampai 0,8 meter
“Tapi gelombang air laut di perairan Bintan menuju ke utara sudah mencapai dua meter,” sambungnya.

Menurutnya, selama gelombang air laut tinggi, pengguna jasa transportasi laut maupun nelayan sebaiknya tidak boleh beroperasi. “Kapal besar mungking bisa beroprasi hanya saja memakan waktu sedikit lama karena harus berhati-hati,” lanjutnya.

Selain itu, Nizam menambahkan, jadwal penerbangan untuk saat ini tidak mengalami pembatasan dan gangguan. Hal ini dikarenakan cuaca masih cukup aman dan bisa dilalui kecuali ada badai yang tidak memungkinkan pesawat untuk lepas landas maupun landing.

“Arah angin mempengaruhi penerbangan Pesawat, tapi dari sisi klimatologis, arah Romboinya sesuai dengan arah angin sehingga penerbangan masih aman,” tutupnya.

 

 

 

Penulis : PGP
Editor : Rumbo

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − six =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top