KEPRI

FKPT Gelar Diskusi Pedoman Peliputan Terorisme Bersama Jurnalis

BATAM – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Kepri bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar diskusi tatacara atau pedoman peliputan penyajian berita tentang terorisme di Hotel Harmoni One, Kamis (29/9/2016).

Acara tersebut dikemas dengan topik “Diseminasi Pedoman Peliputan Terorisme dan Peningkatan Profesionalisme Media Massa Pers dalam Meliputi Isu Isu Terorisme”.

Andi Intan Dulung, Deputi Kasubdit Kewaspadaan BNPT, mengatakan, tindakan terorisme merupakan kejahatan luar biasa. Tindakan teroris murni sebagai kejahatan pidana internasional dan sebagai tindakan perbuatan yang melanggar HAM.

“Setiap tindakan pemberantasan terorisme harus sesuai hukum internasional termasuk hukum HAM,” ujarnya.

Seiring perkembangan zaman, lanjut Andi, perkembangan teroris semakin membahayakan. Bahkan sudah menyentuh masyarakat bawah dan menyangkut agama.

Untuk itu, diperlukan sinergi bersama Dewan Pers agar jurnalis dapat menyajikan berita berimbang, akurat dan tidak merugikan orang lain terutama keluarga teroris itu sendiri.

Pemberitaan tentang aksi maupun dampak teroris semata-mata untuk kepentingan publik. Di mana saat meliput jurnalis selalu berpegang pada kode etik jurnalistik.

“Harus indenpenden, akurasi berita, berimbang, itikad baik, teruji, berdasarkan fakta dan mengedepankan praduga tek bersalah,” jelasnya.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 10 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top