International

Facebook Akui Peretasan di Fitur View As, 50 Juta Akun di Setting Ulang

Sebanyak 50 juta akun Facebook terdampak peretasan fitur View As atau Lihat Sebagai telah di setting ulang oleh Facebook.

 

Jakarta – Manajemen sosial media Facebook membenarkan adanya peretasan pada fitur pengguna yang baru-baru ini ramai dibicarakan di media massa. Menurut pihak manajemen Facebook,peretasan dilakukan oleh aksi pelaku di luar sistem Facebook yang mendapatkan token pengguna dari celah keamanan pada fitur Facebook “View As” atau “Lihat Sebagai”.

Hal ini diungkapkan olehDirektur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo di Jakarta, Selasa (9/10/2018) yang beberapa saat lalu berkirim surat terkaot permintaan klarifikasi kepada pihak Facebook.

Dalam surat tertanggal 3/10/2018 tersebut, Facebook menjelaskan bahwa token tersebut adalah string numerik unik yang memungkinkan otentikasi akun pengguna fitur yang memungkinkan orang melihat tampilan profil mereka.

Untuk memperbaiki masalah dan melindungi pengguna, Facebook menyatakan tengah melakukan investigasi dan akan melakukan update berkala.

Facebook dalam suratnya juga menyampaikan akan melakukan setting ulang atau reset token akses pengguna Facebook yang terdampak. Sehingga mengharuskan mereka untuk masuk kembali ke Facebook.

Facebook menyebut secara global ada sekitar 50 juta akun terdampak dari peretasan ada fitur ini. Dan semuanya telah disetting ulang. Bahkan, Facebook memberitahu pengguna (setelah masuk kembali) melalui pesan di bagian atas kabar berita mereka.

Langkah lain dalam mengatasi peretasan, Facebook menonaktifkan sementara fitur Lihat Iklan saat melakukan tinjauan keamanan. Hal ini menurut pihak Facebook, guna mencegah adanya potensi penyalahgunaan data pelanggan kepada penegak hukum.

Sementara itu, Kementerian Kominfo melalui Humasnya, Fernandus Setu, mendorong Facebook untuk mengumumkan kepada publik Indonesia panduan dan perlindungan terhadap pengguna di Indonesia.

 

 

 

Penulis : Abidin

Editor : Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 8 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top