TEKNOLOGI

Dosen UPB Latih Pengusaha Kecil Bangun Website

Saut Pintubipar Saragih (kanan) pose bersama Putra Manik pemilik usaha teralis di jalan Trans Barelang saat pembuatan website usaha./ Dok.Foto: batamsatu.com

BATAM – Perkembangan teknologi digital menuntut masyarakat tak sekedar tahu namun juga mampu untuk memanfaatkannya. Apalagi dalam dunia usaha, pemanfaatan teknologi digital sudah menjadi suatu keharusan.

Saut Pintubipar Saragih, M.MSI, seorang dosen dari Universitas Putera Batam melakukan pembinaan terhadap pengusaha kecil dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan bidang teknologi informasi dan sistem informasi.

Menurutnya, pengusaha kecil menengah saat ini perlu memahami perubahan teknologi ke arah digital serta pentingnya pemanfaatan dan penggunanan teknologi tersebut untuk keperluan usahanya.

“Saat ini usaha-usaha masyarakat banyak yang bertransformasi dengan menerapkan bantuan teknologi informasi sebagai penunjang dan penghasil keuntungan,” ucap Saut pada batamsatu.com, Kamis (14/2/2019).

Untuk itu dalam pembinaannya, ia fokus pada usaha kecil milik Putra Manik yang ada di jalan Trans Barelang, agar memiliki kemampuan membuat media produk dan jasa yang akan dipromosikan dan dipasarkan pada calon konsumen melalui software content managemen system (CMS) yaitu wordpress.

“Barelang teralis merupakan salah satu contoh usaha kecil menengah yang sangat baik untuk pemanfaatan teknologi informasi dalam merespon perubahan persaingan usaha di era digital,” tutur dia.

Ia menjelaskan bahwa, content managemen system bukanlah sebuah hal yang baru dalam pengembang website (web developer). Pasalnya saat ini platform yang digunakan para pengembang hampir seluruhnya sudah menggunakan konsep CMS.

Dalam pembinaan ini ia bersama mahasiswanya memberikan bimbingan teknis dan non-teknis kepada pelaku usaha. Meliputi dasar-dasar pengatahuan dalam mengelola website dan mengatur konten yang akan ditampilkan dalam website.

“Selain itu kami juga memberikan pelatihan pengelolaan web admin atau control panel pada pemilik usaha agar nantinya website yang dibuat selama kegiaran dapat dioperasionalkan oleh pengusaha sendiri,” jelasnya.

Media pemasaran, promosi dan penjualan yang dibangun berbasis website ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta pendapatan bagi pelaku usaha. Juga proses usaha menjadi lebih efektif dan efisien. Terutama dalam hal promosi, pemasaran serta pelayanan konsumen.

Hasil dari kegiatan ini adalah pemilik usaha telah mampu merancang halaman utama website usaha dengan alamat domain www.barelangteralis.com.

Namun demikian, Saut menambahkan jika website ini masih akan terus dikembangkan. Tentunya agar website lebih menarik secara tampilan serta penataan konten. Supaya nanti bermanfaat untuk pengusaha itu sendiri dan juga meningkatkan daya saing usaha tersebut.

 

 

 

 

Penulis: Sab
Editor: Abidin

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + ten =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top