BATAM

Dinkes Kepri Pasang Alat Deteksi Virus Zika Bagi Warga Singapore Masuk Batam

BATAM‎ – Dinas Kesehatan Provinsi Kepri bersama Dinas Kesehatan kota Batam melakukan antisipasi pencegahan penyebaran Virus Zika dengan memasang alat Health Alern Card‎ dan Thermos Scan di setiap dipelabuhan Feri Internasional yang ada di Batam. Dan Bandara Hang Nadim Batam.

Pemasangan alat pengukur suhu badan bagi warga negara asing tersebut paska diumumkan dimedia bahwa 41 warga negara Singapore diketahui tertular penyakit berbahaya atau lebih dikenal Virus Zika yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti.

“Seluruh pelabuhan Feri Internasional di Kepri dan Bandara Internasional Hang Nadim sudah dipasang alat pengukur suhu bagi warga negara Singapore yang datang berkunjung ke Kepri,” Kata Tjetjep Yudiana Kepala Dinas Kesehatan Kepri di Batu Ampar. Selasa (30/08/2016).

Kata Dia, ‎pengawasan dipelabuhan sudah disiapkan bagi warga singapore yang tiba di Batam, proses deteksi bagi warga asing untuk mengetahu apakah terjakit virus Zika sangat mudah mengunakan Thermos Scan atau alat pengugkur suhu tubuh.

Namun, bagi warga singapore terjangkiti Virus Zika tidak akan dideportasi tetapi hanya mengisi kartu Health Alend Card‎ dan dianjurkan berobat kerumah sakit.

“Kita minta kesadaran mereka untuk berobat melalui kartu tadi karena kita hanya antisipasi dan tidak akan mendeportasi‎ warga negara Singapore tersebut,” Kata Dia.

Ia mengatakan, ‎pasca adanya 41 warga negara singapore terjangkiti penyakit nyamuk Aedes Aegypti belum ada himbauan pelarangan dari pemerintah terhadap warga Indonesia untuk berkunjung maupun berbisnis kesana, hanya saja perlu mengatur waktu tepat agar tidak diserang nyamuk tersebut.

Pasalnya Nyamuk‎ Aedes Aegypti‎ berkembang biak 6 jam perhari dan umur hidupnya pendek. Dan waktunya terbagi dua Seperi pada jam 6 .00 WIB pagi sampai 9.00 WIB , lalu sore jam 18.00WIB sampai 21.00 WIB malam.

“Waktunya hanya 3 jam pagi, 3 jam sore,‎ Jadi bagi warga kita berkunjung ke singapore tinggal menyesuaikan waktunya ,” jelasnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − one =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top