TEKNOLOGI

Cara tepat Menangkal Serangan Ransomware di Komputer

AMOKNEWS – Serangan kejahatan cyber semakin mengkhawatirkan. Jika kurang waspada, kerugian yang dialami korban, baik perusahaan maupun individu, bisa mencapai ratusan bahkan jutaan dolar.

Salah satu program jahat yang kini terus bergentayangan dan siap menginfeksi setiap komputer adalah ransomware. Cara kerjanya adalah melumpuhkan fungsi komputer, seperti mengunci papan ketik dan tetikus sehingga tak bisa digunakan.

Selanjutnya, di layar monitor keluar peringatan yang seolah berasal dari pihak keamanan cyber. Biasanya, pesan tersebut menyatakan bahwa komputer yang sedang digunakan mengakses konten ilegal. Dan, untuk mengaktifkan kembali fungsi komputer, sang korban diminta membayar uang tebusan.

Ini persis seperti penjahat yang menyandera korban dan meminta uang tebusan untuk melepaskan sandera. Bila tebusan itu dibayarkan, penjahat cyber lain mengikuti jejak itu. Angka infeksi ransomware terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2015, angka itu mencapai rekor dengan ditemukannya 100 kelompok ransomware.

Ke depannya, serangan ransomware ini tak hanya menginfeksi komputer desktop, tapi juga perangkat genggam, seperti ponsel pintar dan tablet, serta perangkat siap pakai atau wearable gadget. Pada akhir tahun ini, trennya akan ke arah perangkat siap pakai dan Internet of Things.

Agar terhindar dari serangan ransomware, gunakan kata sandi yang sulit ditebak. Jangan keburu-buru ketika mengklik sebuah tautan. Pelajari terlebih dulu. Lindungi perangkat yang digunakan. Waspadai taktik para penjahat cyber yang mengikutkan ransomware ke dalam program tak jelas. Terakhir, amankan setiap data yang ada.

TEMPO

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top