Kuliner

Bulan Puasa, Beragam Kuliner Tersedia di Pasar Kaget

BATAM – Pasar kaget Ramadan menjadi magnet setiap menjelang berbuka puasa. Suasana ini terlihat hampir disemua pasar kaget di Batam. Ribuan warga berdesak-desakan di antara puluhan meja pedagang yang menyajikan berbagai makanan khas berbuka puasa.

Salah satu bazar atau pasar kaget yang selalu ramai dengan pengunjung terletak di kawasan perumahan Grand BSI, Batam Centre. Setiap tahun di areal jalan menuju ke perumahan elit tersebut dijadikan tempat jualan jajanan berbuka puasa.

Warga bisa memilih jajanan berbuka yang disukai, mulai dari kolak, es cendol, es buah, kacang hijau kue, bubur, serabi, kue jongkong, kue bingke berendam. Selain itu juga terdapat aneka lauk siap santap seperti ayam goreng, ayam bakar, rendang yang bisa dipesan untuk dibawa pulang.

Disamping itu juga tersedai aneka gorengan seperti, epo-epo, angkue, risoles, dan bakwan. Tidak ketinggalan martabak India dengan dua pilihan rasa daging sapi dan daging ayam juga banyak digemari untuk mengawali buka puasa.

Tidak jauh dari pasar kaget Grand BSI, masyarakat juga ramai mengunjungi tempat penjualan jajanan berbuka di Pasar Plaza Botania. Di sini jajanan yang dijual lebih bervariasi dari makanan modern sampai tradisional seperti pulut daun, kue lapis, lupis, kue dadar dan kue-kue lainnnya.

Selain itu juga terdapat aneka makanan khas Melayu seperti lakse dengan kuah kari. Dilengkapi dengan aneka minuman, mulai dari air buah, es jagung, cingcau, es rumput laut, hingga juice buah. Pengelola pasar menyediakan tempat yang cukup luas sehingga pembeli bisa leluasa memilih makanan dan minuman.

Putri, salah seorang pengunjung mengaku, datang ke bazar ta’jil untuk mencari makanan favoritnya yakni roti prata. “Yang paling saya suka, roti prata,” kata Dia.Senin(6/6/2016).

Ia mengatakan meski tidak menjalankan ibadah puasa, namun ikut menanti-nanti Ramadhan. “Kalau bulan puasa enak, banyak orang dagang yang makanannya pun lain-lain,” kata dia.

Bulan Puasa, kata dia, tidak hanya milik muslim, karena banyak yang menikmati indahnya puasa.

Dia menjelaskan, harga kue-mue rata-rata Rp1000 per potong, sedangkan lemang Rp3.000 per potong.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 6 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top