DUNIA

Bos Mafia Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-100 Tahun

CINISI – Bos mafia tertua di dunia, Procopio di Maggio atau lebih kenal dengan panggilan Don Procopio merayakan ulang tahun yang ke-100 tahun dengan pertunjukan kembang api bersama keluarga dan teman-temannya beberapa hari lalu.

 

Melalui Facebook, ia mengunggah foto perayaan dengan tiga loyang kue besar bertuliskan angka 1-0-0 didominasi warna biru, putih, dan kuning. Ditambah hiasan berupa balon perak membentuk umurnya dan balon aneka warna lainnya.

 

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Rabu (13/1/2016), sahabat-sahabatnya juga memberikan kejutan pertunjukan kembang api selama enam menit untuk menghibur sang tetua. Meskipun pertunjukan itu sebenarnya dilarang oleh wali kota setempat yang sakit hati dengan kekuasaan Bos Mafia Sicily itu. Aksi bentrok dengan petugas keamanan Cinisi pun tak terhindarkan dan turut mewarnai pesta ulang tahunnya.

 

Procopio di Maggio adalah satu-satunya pemimpin mafia di dunia yang lepas dari kurungan penjara apalagi hukuman mati, bahkan setelah dirinya terlibat langsung dalam pertempuran berdarah antara Italia dan Cosa Nostra pada 1970, 1980, dan 1990-an.

 

Don Procopio memulai karier di dunia permafian sebagai anak buah Tano Badalamenti yang menjadi kepala keluarga Cinisi pada 1960-an. Kemudian, ia mengkhianati kepercayaan pemimpinnya dan mengklaim kedudukan itu bagi dirinya sendiri.

 

Selanjutnya, gelar Don jatuh ke pangkuannya. Kini, meski ia bukan lagi kepala keluarga Cinisi, Maggio pernah dihukum atas sejumlah kejahatan terorganisasi dan menghindar dari hukuman pembunuhan di Pengadilan Maxi pada 1986. (red/okz)

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + ten =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top