BATAM

BJ Habibie Resmikan RSSD Batam

BJ Habibie saat menyampaikan kata sambutan (Foto : Rika)

BATAM – Presiden Republik Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie meresmikan Rumah Sakit Soedarsono Darmosoewito(RSSD) di kawasan industri terpadu Kabil, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu(26/4/).

Peresmian tersebut dihadiri Kapolda Kepri Brigjen Pol. Sam Budigusdian, Wakil Wali Kota Batam, Sri Sudarsono dan pemilik RSBK serta ketua yayasan Citra Mas Kris Wiluan.

Ketua Yayasan Citra Mas, Kris Wiluan mengatakan, pemberian nama RSSD ini sebagai bentuk kebanggaan untuk mengenang jasa Habibie dalam membantu membangun pulau Batam dan membantu masyarakat Nongsa dan sekitarnya.

“RSSD ini sebagai wujud kebanggaan dan untuk mengenang Habibie dalam membangun Batam serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, bagai air mengalir,” papar Kris.

Kedepannya, Kris berharap RSSD bisa menjadi rumah sakit rujukan yang bisa mendatangkan dokter spesialis dan bisa menjadi branding di Indonesia.

Sementara itu, BJ Habibie dalam sambutannya menjelaskan kisah awal terbentuknya Batam.

Ia mengatakan, membangun Batam itu bukan ide darinya atau Ibnu sutowo tapi ide dari presiden RI ke-2 Soeharto yang sempat ditolaknya karena tidak sesuai dengan skillnya dibidang perancangan pesawat.

Namun karena ketika itu sedang bergejolak konfrontasi terhadap Singapura dan Malaysia apalagi Batam berbatasan langsung dengan kedua negara tersebut, akhirnya permintaan presiden Soeharto diterimanya.

“Dulunya Batam kosong tidak berpenghuni, hanya di huni sebanyak 600 nelayan yang tinggal diatas laut serta terdapat satu rumah saja. Tadinya saya tolak, saya hanya ingin membuat pesawat terbang yang bisa mengangkut orang banyak, namun akhirnya saya setujui juga karena situasi alasan keamanan negara yang saat itu ada konfrontasi,” terangnya.

 

 

Penulis : Rika

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − one =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top