BISNIS

BI : Pertumbuhan Ekonomi Kepri Peringkat 10 Terendah se-Sumatera

BI : Pertumbuhan Ekonomi Kepri Peringkat 10 Terendah se-Sumatera/Foto : PGP

BATAM – Kepala Bank Indonesia Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berada di peringkat 10 terendah se-Sumatera.

“Selama dua tahun belakangan ini pertumbuhan ekonomi Kepri mengalami perlambatan,” kata Gusti
saat Kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Provinsi Kepri di ruang serbaguna lantai 3, Kantor Bank Indonesia Provinsi Kepri, Batam Center, Kamis (21/12/2017).

Ia menyampaikan, peringkat tersebut membuktikan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Kepri masih jauh lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pertumbuhan ekonomi Kepri masih jauh lebih rendah, pelemahan ini sudah terjadi selama dua tahun terakhir,” ujarnya.

Meskipun demikian, ekonomi Kepri tumbuh 2,41 persen pada triwulan III tahun 2017, dan capaian ini sedikit lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya tumbuh sebesar 1,04 persen.

Ia memaparkan, dari sisi sektoral perlambatan ekonomi Kepri berasal dari sektor industri pengolahan terutama mesin, produk besi baja, serta perkapalan.

Sedangkan komoditas elektronik sudah kembali mengalami pertumbuhan mulai dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 yang mana sebelumnya juga sudah mengalami penurunan pada tahun 2013 sampai dengan 2015.

“Pengaruh pelemahan permintaan global yang diikuti dengan perubahan trend penggunaan produk high tech turut mempengaruhi kinerja sektor industri dan sektor elektronik,” tutupnya.

 

 

 

 

 

Penulis : PGP
Editor : Rumbo

 

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 1 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top