Kuliner

Berburu Aneka Kuliner di Kampung Tua Tanjung Uma

BATAM – Aneka makanan yang tak kalah menggoda terdapat di pasar kaget Tanjunguma. Hampir setiap sore menjelang berbuka puasa, warga berbondong mengerumuni ratusan lapak di Tanjung Uma, Kampung Agas. Ratusan lapak yang berderet mengikuti alur jalan menjual aneka kue, lauk pauk dan berbagai macam minuman.

“Sudah tradisi kayaknya di bulan ramadhan ini membeli aneka makanan di pasar kaget, kalau masak di rumah cukup repot” kata Rini, warga Jodoh Tanjung uma atas. Senin(6/6/2016).

Rini yang mengakui harga yang dapat ia jangkau,” kami beli aneka kue dan ikan bakar segar serta minuman untuk berbuka nanti” katanya sambil memilah-milah yang akan di belinya.

Para pedagang juga sibuk melayani para pembeli yang sudah memilah barang dagangan mereka.

Mak Cik Mun mengaku kerepotan melayani para pembeli saat pukul 16.30 hingga 18.00 Wib. udin yang sudah berlangganan menjual saat bulan ramadhan, mengaku membayar sewa lapak kepada pengelola tempat itu untuk dikembalikan ke masjid setempat.

Pedagang lainnya, Karim, juga tampak sibuk menyiapkan aneka lauk-pauk, seperti ayam goreng, gulai ikan, sayur asam dan lainnya.

“Kami tiap tahun berjual di pasar kaget ini. Penghasilan kami lumayan untuk memenuhi kebutuhan lebaran,” ucapnya.

Mahalnya harga bahan pokok dan bumbu dapur ternyata tidak membuat Budi dan pedagang aneka lauk-pauk menaikan harga. Untuk satu potong ayam goreng misalnya, Budi menjual Rp6 ribu. Bahkan Budi juga melayani pembeli sayuran dengan harga Rp3000 per porsi.

“Jika dijual mahal-mahal nanti tidak ada yang mau beli. Kami sengaja tidak mengambil untung banyak yang penting setiap hari lauk-pauk nya habis terjual,” ujar Budi yang sehari-hari bekerja serabutan.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top