BATAM

Bea Cukai Gelar Operasi Patroli Laut Jaring Sriwijaya

Direktur P2 DJBC Harry Mulya saat wawancara dengan wartawan, Kamis(4/5)/foto : Rumbo

BATAM – Direktorat Jenderal Bea Cukai membentuk operasi patroli laut wilayah barat dengan sandi Jaring Sriwijaya. Operasi ini juga akan bekerjasama bilateral (joint patroli) dengan Kastam Diraja Malaysia (Paktor Kastima) serta Paktor Optima.

“Operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak pidana penyelundupan dari luar negeri,” kata Direktur Penindakan dan Penyidikan (P2) DJBC, Harry Mulya di dermaga pelabuhan Batuampar, Kamis (4/5).

Untuk operasi tersebut, Bea Cukai melibatkan unsur kapal patroli berupa Fast Patrol Boat (FPB) ukuran 60, 28, dan 38 meter, VSV, Speed Boat 17 buah yang melibatkan 250 personil.

Dia menjelaskan, kapal yang dikerahkan tersebut akan beroperasi di 5 sektor mulai dari perairan Aceh-Belawan, Tanjung Balai Asahan-Tanjung Sinaboy, Tanjung Parit-Batam, Tanjungpinang-Perairan Sumatera Bagian Selatan, dan sektor laut Natuna hingga wilayah perairan Kalimantan Bagian Barat.

“Dengan demikian DJBC akan melaksanakan operasi patroli laut secara serentak di seluruh wilayah perairan Indonesia,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengatakan operasi tersebut sangat tepat karena selama ini banyak kegiatan di wilayah perairan Indonesia yang tidak melalui jalur sebenarnya.

“Kami senantiasa mendukung operasi jaring Sriwijaya ini. Operasi ini juga merupakan bentuk sinergitas antar aparat negara kita harus solid, dan mudah-mudahan penyelundupan dari luar negeri tidak ada lagi,” ujarnya.

 
Penulis : Roni Rumahorbo

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top