BATAM

BC Indonesia dan Singapura Kerjasama Patroli Pengamanan Laut

BATAM – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia dengan Police Coast Guard, Customs, Imigration dan Checkpoint Authority Singapore menjalin kerjasama Patroli gabungan diperbatasan perairan guna memberantas peredaran obat terlarang dan Ilegal Trading di Kepri.

“Kerjasama sangat diperlukan karena maraknya kejahatan lintas negara yang membahayakan masyarakat, sehingga menjadi isu global,” Kata Direktur Kepabeanan Internasional Robert Leonard Marbun di KPU BC Tipe B Batam, Selasa (31/5/2016).

Pertemuaan kedua Negara lebih khususnya membahas peredaran obat terlarang dan ilegal treding atas barang-barang yang membahayakan masyarakat.

Dimana, Kejahatan Trans Nasional Crime sudah menggancam keamanan masyarakat, apabila tidak ditangani secara bersama dan masif maka dapat dapat menggancam stabilitas Negara,” Ujarnya.

Poin kersama yang disepakati, Kata Dia, diantaranya Pertukaran Informasi terkini dan mutakhir terkait kasus peredaran narkoba serta ilegal trading. selanjutnya Patroli Laut terkoordinasi yang sifatnya ditempat tertentu, koloboratif dan terus menerus.

Dan terakhir, imbuhnya, Investigasi bersama menindak lanjuti hasil operasi. misalnya sebagai saksi ahli, observasi aktif dan monitoring terhadapa jaringan kriminal tertentu,” jelasnya.

Roberd menambahkan, meskipun sampai saat ini belum ada MoU yang melibatkan Bea dan Cukai Indonesia, Singapore Custom dan Police Coast Guard, diharapkan dengan adanya penanganan bersama kejahatan lintas negara ini, dapat menekan peredaran narkoba dan ilegal trading diperairan kedua negara,” Pungkasnya.(red/di).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + seven =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top