NASIONAL

Asman Abnur : Pelayanan Publik Harus Terbuka

Menpan-RB Asman Abnur memberikan keterangan kepada wartawan di kantor BI Kepri, Sabtu(22/4)/foto : IRD

BATAM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menegaskan bahwa aparatur pemerintah yang melakukan kesalahan harus dihukum sampai ke pemecatan sesuai dengan kesalahannya.

“Kerja tidak harus main- main dan pelayanan publik juga harus terbuka, jika salah pasti hukum yang bertindak, bisa hukum dipecat sesuai dengan kesalahan,” tegas Assam tegas Asman di Kantor BI Cabang Kepri, Sabtu (22/4).

Disinggung soal kasus pungli yang melibatkan dua oknum petugas ASDP Punggur, Asman menegaskan bahwa pungli menyalahi aturan dan sebagai aparatur pemerintah seharusnya memberikan pelayanan secara terbuka.

Asman menjelaskan, Kemenpan-RP akan menerapkan sistem managemen kinerja pegawai aparatur negara. Aparatur Sipil Negara(ASN) harus orang-orang yang pintar dan cerdas, rekrutmen harus sesuai dengan bidangnya, menerapkan sistem pengkaderan dan sistem peralihan ASN serta melakukan seleksi jabatan secara terbuka.

“Kita sekarang harus membangun pemerintah yang bersih dari KKN, sudah tidak jamannya lagi harus menggerogoti uang negara,” pungkasnya.

Seperti diketahui dua oknum petugas PT ASDP Indonesia Ferry Punggur diamanankan tim saber
pungli Polresta Barelang, Rabu(19/4).

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengatakan modus pungli yang dilakukan oknum petugas ASDP punggur tersebut adalah menaikkan golongan kendaraan dan tidak melaporkan jumlah kendaraan secara keseluruhan.

Hal tersebut diketahui dari data manifest kapal roro KMP Lome tujuan Tanjung Balai Karimun dan laporan produksi dan pendapatan tiket terpadu yang terjual pada tanggal 12 April 2017 dan 17 April 2017.

“Mobil golongan 5 seperti Lori misalnya, dinaikkan menjadi golongan 6, kalau (tiket) golongan 5 biayanya 1,5 juta (rupiah), kalau golongan 6 (biayanya) 2,5 juta (rupiah),” ujar Kapolda.

 

 

Penulis : IRD/SK

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 18 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top