NASIONAL

Ahok Raih Gus Dur Award 2016

JAKARTA – Gus Dur Award 2016 memberikan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok untuk kategori tokoh politik dan pemerintahan, Minggu(24/1/2016) di Griya Gus Dur, Jalan Pegangsaan, Jakarta.

 

Putri Gus Dur, Yenny Wahid mengatakan bahwa banyak kemiripan antara karakteristik Ahok dengan Gus Dur. Sikap Ahok yang berani dan tegas, kata Yenny, selaras dengan prinsip Gus Dur, yakni Ksatria.

 

Tak hanya itu, Ahok juga dinilai tunduk pada konstitusi dan tidak takut terhadap tekanan ekstremis serta berani dan tegas terhadap pengusaha yang tamak dan menggantungkan pada politikus pengejar rente.

 

“Dia (Ahok) juga banyak ngomong, sama dengan Gus Dur,” tambahnya.

 

Saat menerima penghargaan ini, Ahok mengaku banyak hal yang dipelajarinya dari sosok Gus Dur. Salah satunya dalam menyikapi pihak-pihak yang mengkritiknya terutama dari sisi agama.

 

“Yang benci karena bisa baca Al Quran berarti menuhankan Al Quran bukan Tuhan, yang benci karena beda agama berarti menuhankan agama bukan Tuhan,” katanya.

 

Selain Ahok, Gus Dur Award 2016 juga dianugerahkan kepada pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuh Tholibin, KH Mustofa Bisri dan Sutanto atau Tanto Mendut. Mustofa Bisri atau yang dikenal sebagai Gus Mus meraih Gus Dur Award kategori tokoh agama sementara Tanto Mendut meraih Gus Dur Award kategori tokoh sosial dan budaya. (red/SP)

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + five =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top