KEPRI

Afuan ‎Merupakan Kaki Tangan Abob Mengurus Dokumen Reklamasi Pulau Bokor ‎

BATAM -Terdakwa Afuan yang duduk dikursi pesakitan PN Batam merupakan komisaris PT Powerland sekaligus bertugas sebagai pengurusan dokumen Amdal RKL-PPL guna pengembangan rencana kawasan wisata di Tiban Utara dan terdakwa merupakan kaki tangan Achmad Mabob alias Abob.

Hal ini terungkap dalam fakta persidangan yang digelar mendengarkan keterangan ketua HNSI Batam Awang Herman. Rabu(21/09/2016) dipimpin Majlis Hakim Ketua Edwar Harris Sinaga dengan anggota Endi Nurindra Putra dan Egi Novita.

Dalam persidangan Awang Herman menyampaikan, bahwa dirinya mendapat orderan pengerjaan penimbunan lahan seluar 6.7 hektar di Tiban Utara dengan kontrak 6 bulan dan dibayar RP14,2 milyar, namun segala pengurusan perizinan dilakukan Afuan bersama Firman yang sudah kabur.

“Masalah Pembayaran saya langsung dengan Abob, namun segala urusan perizinan oleh Afuan dan Firman yang mulia,” Kata Awang Herman diruang sidang utama PN Batam.

Sedangkan selanjutnya, kata dia, pengerjaan penimbunan saya kasih terhadap PT Tiara Mantang, ‎PT Bangun Kepri Sukses dan PT Cipta Niaga Mandiri dimana pembayarannya penimbunan di bayar dimuka didepan notaris oleh Firman dan saya tinggal tanda tangan.

Tetapi, lanjut dia dipertengahan jalan, Januari 2013 pemotongan bukit untuk menimbun wilayah Tiban Utara, kelurahan Uban, kecamatan Lubuk Baja dihentikan oleh Bapedal Batam karena sama sekali belum memiliki izin.

Sehingga pekerjaan 6.7 Hektar dihentikan sedangkan sisa uang saya kembalikan terhadap Direktur PT Powerland Abob secara langsung tetapi sesuai tertuang dalam perjanjian bahwa saya yang mengurus perizinan tidak benar, namun tanda tangan dikontrak benar, namun itu pekerjaan Firman.

“Saya hanya tanda tangan saja yang mulia tetapi isinya tidak saya baca,” ujarnya.

Keterangan perkara berlanjut mendengarkan keterangan saksi salah satu direktur PT Tiara Mantang sebagai penimbun lahan lokasi Tiban Utara lebih kurang 5 hektar yang mendapat order dari PT Putra Setokok Mandiri milik Awang Herman menyampaikan,

Kami punya lokasi punya bukit sehingga kelebihan tanah dari lahan yang diperuntukan lahan tanah yang didapat 14 hektar dan tanah itu pun dibayar perkubik dan sipakait 2000 ribu meter kubik senilai.

“Kami punya lahan disana 14 hektar kebetulan tanahnya berlebih yang mulia,” Kata Ahmad Mifon di PN Batam.

Dalam persidangan Ahmad Mifon mengakui telah mendapat order dari PT Putra Setokok Mandiri milik Awang Herman‎ untuk menimbun lokasi milik Abob di Tiban Utara dan itu melalui penandatanganan perjanjian tahun 2012 lalu.

Walaupun‎ lahan Abob tidak ada Amdal kami sempat menyelesaikan penimbunan sebelum dihentikan Bapedal Batam, namun sampai saat ini kami belum menerima sisa pembayaran pekerjaan yang sudah selesai sebesar Rp960 juta,” kilahnya.

Dalam perjanjian tertuang dalam akte notaris no 1206 pasal 9 disebutkan bahwa saudara Awanglah segalanya pengurus perizinan termasuk Amdal‎nya dan itu diatur semua dalam notaris.

Dan penimbunan Cut and Fill kami ada dan masih berlaku dan lahan yang dipotong dibuang kelaut yang mendapat orderan dari Awang

“Saya‎ turun kelokasi jika ada permasalahan dilokasi, ” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Majlis Hakim meminta terhadap JPU agar menghadirkan Abon dalam keterangan saksi berikutnya dan persidangan dilanjutnya minggu depan 29 september 2016 masih mendengarkan keterangan saksi.

Sedangkan diluar persidangan Kuasa Hukum terdakwa Adris SH MH. Mengatakan bahwa difakta persidangan jelas bahwa apa yang disampaikan saksi Awang Herman tidak terbukti karena dalam kontrak jelas sudah ditanda tangani dia sendiri melalui notaris.

Dan kami yakin klien kami tidak melakukan hal demikian dan kami sependapat terhadap majlis hakim untuk menghadirkan saksi Abob dipersidangan berikutnya karena merupakan direktur PT Powerland sedangkan klian kami hanya komisaris dengan sahamnya hanya 5 persen.

Artinya segala keputusan perusahaan tentunya ditangan direktur dan kami juga berharap menghadirkan Abob agar jelas dipersidagan,” pungkasnya.(red).

KOMENTAR
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 19 =

BATAMSATU.COM merupakan Portal Berita Terpercaya di Batam

Hubungi Kami

PT. BATAM SATU MEDIA2018

To Top